Cara membuat dompet dari bungkus kopi bekas mungkin mudah bagi sebagian orang yang sudah terbiasa membuat kerajinan dari barang bekas. Akan tetapi hal tersebut bisa menjadi hal yang sulit bagi orang lain yang belum pernah membuat kerajinan. Salah satunya adalah kerajinan tangan dari bungkus bekas kopi. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan mulai dari tahap persiapan bahan, pembuatan, hingga penyelesaian. Hal tersebut perlu Anda lakukan agar dompet bungkus kopi yang Anda hasilkan berdaya jual cukup tinggi.

.: Cara membuat dompet dari bungkus kopi bekas :.

Tahap persiapan

Pada tahap persiapan awal cara membuat dompet dari bungkus kopi bekas, ada tiga hal yang perlu Anda persiapkan mulai dari:

  • Jenis bungkus kopi dan jumlahnya. Untuk dompet ukuran sedang sediakan sekitar 70-85 bungkus, sedangkan untuk dompet besar sediakan lebih dari 100 bungkus (sachet) bekas kopi.
  • Alat yang digunakan untuk merapikan produk seperti benang (warnanya disesuaikan dengan warna dasar bungkus kopi sehingga terlihat rapi dan tidak terlalu kontras), jarum penahan, jarum jahit besar, hingga resleting dengan panjang yang disesuaikan kebutuhan.
  • Cat pernis khusus plastik yang digunakan untuk tahap finishing agar dompet dari bungkus kopi terlihat awet dan tahan lama.
  • Bagi seorang pemula, Anda bisa membalut ujung jari dengan plester atau isolasi bening. Hal ini dilakukan  untuk menghindari lecet akibat jarum atau memar karena menganyam dompet terlalu lama.

Selain persiapan diatas, dalam cara membuat dompet dari bungkus kopi bekas ada hal lain yang perlu dipersiapkan, seperti:

  • Pisahkan bungkus kopi yang masih bisa dipakai dan yang tidak. Sebagai contoh bungkus kopi good day, bungkus kopi kapal api atau bungkus kopi lainnya. Dalam hal ini, pilih bungkus kopi yang biasa dibuka penikmatnya dengan memotong ujungnya, sehingga bagian tengah hingga ujung bawah bungkus masih terlihat bagus dan tidak kusut.
  • Cuci bungkus kopi yang akan digunakan untuk membuat dompet hingga bersih dengan menggunakan detergen dan sikat. Namun bisa pula dengan hanya membilasnya menggunakan air hangat selama beberapa menit.
  • Keringkan dengan cara dijemur dibawah sinar matahari selama beberapa menit sebelum kemudian diangin-anginkan agar warna alami plastik bungkus kopi tidak mudah pudar.
  • Setelah bersih dan kering, potong bungkus bekas kopi dengan lebar sekitar 5cm dan panjang sekitar 10cm. Pastikan semua bungkus yang Anda potong berukuran sama, karena jika berbeda anyaman yang dihasilkan tidak akan bisa diratakan atau memungkinkan terbentuk celah yang bisa membuat dompet tidak tahan lama.

Tahap pembuatan

Setelah tahap persiapan, cara membuat dompet dari bungkus kopi bekas berikutnya berhubungan dengan tahap pembuatan yang bisa ditempuh dengan metode berikut:

  • Pertama-tama lipat bagian kanan dan kiri bungkus kopi hingga bertemu ditengah-tengah. Agar hasilnya bagus dan tidak menimbulkan guratan yang mengganggu, lakukan hanya dengan sekali tekuk.
  • Setelah melipat samping kiri dan kanan bungkus, lipat kembali bungkus kopi hingga terlihat ada dua bagian sama rata, tahan dan ratakan.
  • Lipat bagian atas dan bawah bungkus hingga bertemu di bagian tengah, kemudian lipat lagi hingga terbagi menjadi dua bagian atas bawah yang sama panjang.
  • Lipat semua bungkus kopi yang tersedia dengan cara a-c, kemudian kaitkan satu persatu bungkus kopi hingga berbentuk seperti anyaman kepang yang biasanya terlihat pada anyaman rotan.
  • Rangkai kaitan bungkus kopi sesuai dengan panjang resleting yang Anda miliki, kemudian satukan ujung akhir kaitan. Pastikan ujung kaitan kuat dengan mencoba menariknya sedikit. Setelah dipastikan kuat pasang resleting di bagian atas.
  • Jahit resleting ke bagian samping kanan dan kiri dompet dengan model jahit simpul agar resleting merekat kuat dan jika resleting yang Anda beli terlalu panjang potong terlebih dahulu sesusai kebutuhan.

Tahap penyelesaian

Cara membuat dompet dari bungkus kopi berikutnya berhubungan dengan tahap penyelesaian. Pada tahap penyelesaian Anda bisa menggunakan acrilic cat atau bahan khusus yang bisa membuat bahan bungkus kopi terlihat mengkilap. Cara penyelesaian lain juga bisa dilakukan dengan menambah desain pita atau bros tempel di salah satu sudut dompet. Semoga bahasan tentang cara membuat dompet dari bungkus kopi bekas diatas bisa menginspirasi Anda yang ingin memulai bisnis dengan memanfaatkan barang bekas di sekitar Anda seperti bungkus kopi.

Galeri gambar cara membuat dompet dari bungkus kopi :

Referensi cara membuat dompet dari bungkus kopi :

Tags:

cara membuat dompet dari bungkus kopi good day, cara membuat tas dari bungkus kopi, cara membuat dompet dari bungkus kopi, cara membuat tas dari bungkus kopi kapal api, cara membuat kerajinan tangan dari bungkus kopi good day, cara membuat dompet dari bungkus kopi kapal api, cara membuat dompet dari bungkus kopi bekas, cara membuat tas dari bungkus kopi good day, tas dari bungkus kopi, cara menganyam bungkus kopi menjadi dompet
4.75 avg. rating (94% score) - 4 votes